Jumat, 05 Januari 2018

catatan ibu rumah tangga - Pensiun Indah

Tak terasa sudah satu tahun kulalui masa bekerja di rumah, alias jadi ibu rumah tangga mengurus rumah, suami dan anak.
Ternyata menjadi ibu-ibu sosialita kantin sekolah lebih seru dari dunia kerja.Aku belajar memahami karakter para ibu yang ada. aku belajar memahami kegiatan yang riuh di kantin sekolah, dan aku masih belajar menulis novelku yang belum juga selesai.

Setahun itu berlalu dengan cepat ternyata, tak terasa. Aku bersyukur aku melewati waktuku di rumah  sambil mencoba tetap bermanfaat meski kecil. Masa pensiun indah ini kulalui dengan ikhlas karena niat utama untuk menemani anakku yang akan ujian sekolah dasar.

Menurut penelitian yang belum kuteliti ulang (karena aku tidak melakukan penelitian ulang) orang yang pensiun muda usianya ternyata lebih panjang dari usia orang  yang pensiun normal.

Bagi para ibu pekerja yang ingin menjadi wanita berkarir surga (meminjam istilah buku dengan judul yang sama dari ustad Felix Siauw) dengan memilih jalan pensiun indah, beberapa tips yang saya lakukan setelah tidak bekerja mungkin bisa menjadi ide untuk melalui waktu di rumah :
- siapkan pengaman keuangan anda, pastikan tabungan mencukupi untuk hidup minimal 3 bulan ke depan,
- Yakini alasan dan niat berhenti kerja agar tidak ada penyesalan,
- yang selama ini kurang atau tidak sempat beribadah dengan lebih maksimal, ini saatnya untuk melakukannya,
- Mulai diingat-ingat hobby yang selama ini terbengkalai, misalnya memasak, membuat kue, menjahit, membaca, dll. Siapa tahu dari hobby bisa memberikan penghasilan tambahan tapi tetap bisa dikerjakan dari rumah,
- Jangan sia-siakan waktu dengan duduk di depan tv terlalu lama,
- Saatnya untuk lebih sehat, misalnya : makan lebih teratur atau makan makanan sehat yang dibuat sendiri.

Banyak lhoo yang bisa dilakukan ternyata.
Selamat menikmati pensiun indah, mudah-mudahan bisa menulis lagi dengan tema yang nyambung ya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar